Upit Sarimanah

Penulis dan pengajar di MP-UIN Jakarta...

Selengkapnya
Lembah Harau Sumbar Indonesia Rasa Korea
Latar pohon karet kering di atas hamparan tanah berpasir putih mirip Jeju Island Korea

Lembah Harau Sumbar Indonesia Rasa Korea

Lembah Harau Sumbar Indonesia Rasa Korea

Penduduk setempat memberi nama tempat ini ‘Harauberasal dari kata ‘parau’, istilah lokal yang artinya suara serak. Dahulu kala, penduduk yang tinggal di atas Bukit Jambu sering menghadapi banjir dan longsor sehingga menimbulkan kegaduhan dan kepanikan. Penduduknya sering berteriak histeris dan akhirnya menimbulkan suara parau atau ‘orau’, kemudian berubah nama menjadi ‘Arau’, terakhir penyebutan lebih sering menjadi ‘harau’.

Lembah Harau terbentuk oleh tebing terjal di bukit-bukit yang mengelilinginya, dinding raksasa batu granit seolah mengepung lembah di bawahnya. Lukisan alam mahakarya Sang Pencipta Semesta ini menjulang setinggi kurang lebih 200-400 meter. Selain paket trekking, panjat tebing, dan sambil menikmati hamparan alam di bawahnya, ada juga banyak sekali air terjun di wilayah Harau ini. Ada 6 air terjun diantaranya yang termasuk kawasan objek wisata yang dikelola pemerintah setempat. Salah satunya adalah Air Terjun Sarasah Jambu, yang posisinya berada paling dekat dengan gerbang masuk dari arah Payakumbuh. Ada juga Air Terjun Akar Berayun, posisinya paling dekat dengan area parkir pengunjung. Air terjun yang menjulang setinggi 200 meter akan terlihat membiaskan warna pelangi yang indah ketika musim kemarau.

Selanjutnya, kurang dari 2 tahun belakangan ini, ada spot wisata baru Lembah Harau Sumbar yg instagramable banget dan lagi hits digandrungi anak2 muda. Masih berlokasi di Kampung Sarosah Kecamatan Lembah Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota. Dikelilingi tebing menjulang, di bawahnya ada latar pohon karet kering di atas hamparan tanah berpasir putih, dengan background 2 gedung unik (ternyata gedung belakang sekolah Insan Cendikia) bernuansa padang. Rancaknyo... .

Jika diperhatikan seksama, latarnya akan mengingatkan pecinta drama Korea "Jeju Island Winter Sonata".mmmmh...full of tears but so sweet love. Bagi yang hobi photo, dengan bermain angle, effect kamera, dan photo ciamik sedikit saja, pastinya akan mendapat pose keceh nuansa ala Korea. Di sini juga ada penyewaan kostum korea loh...kamu benar2 jadi 'Korean' sesaat but still Indonesian dong.😍😍

😍...

Lateposttosumbar25-28042018

#exploresumbar
#explore_sumbar
#sumbar_rancak
#sumbarhits
#minangsedunia

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali